JANJI Khilafat





PADA pertengahan acara pembukaan rangkaian Tasyakur Seabad Khilāfat Aḥmadiyyah di sebuah convention center London, Selasa (27/5/2008), Imam Jemaat Muslim Aḥmadiyyah Sayyidinā Amirul Mukminin Ḥaḍrat Khalīfatul Masīḥ V atba. meminta janji kepada para Ahmadi demi tegaknya Khilafat Aḥmadiyyah hingga Hari Kiamat yang saat itu live disiarkan MTA.

Berikut petikan janji yang Ḥuḍūr atba. tuntun agar diikuti seluruh warga Ahmadi seluruh dunia saat itu:

“Asyhadu allā ilāha illal-Lāh, waḥdahu lā syarīkalah, wa asyhadu anna Muḥammadan ‘abduhū wa rasūluh.

“Demi Allāh Ta'ālā dan demi Nabi Muḥammad ﷺ, pada Tasyakur Seabad Hari Khilāfat Aḥmadiyyah ini, kami berjanji akan berusaha menyampaikan dakwah Islām ke seluruh penjuru dunia hingga titik darah penghabisan.

“Demi Allah dan Rasul-Nya, untuk kewajiban ini, kami akan mewakafkan hidup kami dan menghadapi segala pengorbanan untuk tetap berkibarnya panji-panji Islam di setiap negeri hingga Hari Kiamat.

“Kami berjanji, bahwa kami akan berusaha membela Niẓām Khilāfat hingga titik darah penghabisan.

“Kami berjanji, akan mengajarkan kepada keturunan-keturunan kami untuk mencari berkah-berkah Khilāfat hingga Hari Kiamat.

“Untuk sempurnanya dakwah Islam hingga hari kiamat, kami akan senantiasa menjunjung panji-panji Islam dan Nabi Muḥammad ﷺ lebih tinggi di atas panji-panji agama-agama lain. Allāhumma āmīn. Allāhumma āmīn. Allāhumma āmīn.”

Ḥuḍūr atba. berharap, semoga perjanjian baru ini memberi kita semangat baru dan lebih bertanggung jawab dari sebelumnya. “Dengan semangat dan rasa syukur, masukilah Abad Baru Khilāfat!”

Ḥuḍūr atba. bersabda, perjanjian baru ini merupakan awal revolusi bagi kita yang tidak akan habis hingga Hari Kiamat. Hingga seratus tahun ini, Khilāfat merupakan bukti bahwa kita selalu berusaha menjadi pengikut sejati Ḥaḍrat Masīḥ Mau’ūd a.s.. Revolusi rohani yang Jemaat canangkan di seluruh dunia ini, tidak dimiliki golongan lain. Kita harus lebih berusaha lagi membangkitkan revolusi baru di dalam hati.

Karunia Allāh swt. ini, harus lebih kita usahakan dari sebelumnya, demi tercapainya tujuan-tujuan kerohanian yang baru. Kita harus lebih setia kepada Institusi Khilāfat. Kita harus bersyukur atas karunia-karunia Allāh swt. ini . Kita harus menebarkan cinta kasih di antara Aḥmadiyyah dan Non Aḥmadiyyah di muka bumi ini. Dan seharusnya, tujuan hidup kita adalah membuat janji-janji baru tentang kesetiaan kepada Khilāfat. Jika kita seperti itu, berkat Khilāfat ini akan senantiasa kita raih selama-lamanya.

Selanjutnya beliau bersabda, “Wahai orang-orang yang saya sayangi, mesti terdapat semangat baru bahwa kita harus bersujud kepada Allāh dan mencari pertolongan kepada-Nya. Hal inilah yang akan menghidupkan kita dan keturunan kita. Semoga Tuhan memberkahi taufik dan hidayah kepada kita. Āmīn.”

Selanjutnya, Ḥuḍūr atba. meminta kepada para Muslim Ahmadi yang ada di convention center London dan kepada para Ahmadi di seluruh dunia yang sedang menonton live melalui MTA, untuk doa bersama. Hal ini, sebagai tanda dimulainya rangkaian resmi kegiatan-kegiatan Tasyakur Seabad Khilāfat Aḥmadiyyah di seluruh dunia.[] (MTA/Fazle Mujeeb/Rahmat Ali)
_
Link "Centenary Khilafat Jalsa Speech of 27th May 2008 by Hadhrat Khalifatul Masih V" https://www.alislam.org/articles/pledge-100-years-khilafat/