Imam Jama‘ah Muslim Aḥmadiyyah sampaikan ceramah Jalsah Salānah Spesial 2020 | JUM'AT & AHAD, 7 & 9 AGUSTUS 2020

Sumber: Khalifatulmasih.org; rilis: 10 Agustus 2020; akses: 14 Agustus 2020, 09.10 WIB; penerjemah: Rahmat Ali, 15 Agustus 2020. 

SIARAN PERS 10 AGUSTUS 2020

Ḥuḍūr atba. mengumumkan bahwa selama setahun terakhir ini, lebih dari 112.000 orang telah bai‘at kedalam Jema‘at.
“Ketahuilah bahwa Jama‘ah ini adalah tanaman yang ditanam sendiri oleh Tuhan, Dia tidak akan membiarkannya binasa, dan Dia juga tidak akan puas sampai Dia menyebabkannya mencapai kesuksesan tertinggi.” —Ḥaḍrat Mirza Masroor Ahmad


SELAMA pandemi COVID-19 yang sedang berlangsung, para muslim Ahmadi di seluruh dunia tidak dapat mengadakan pertemuan tahunan atau jalsah-salānahnya masing-masing tahun ini. Namun, pada tanggal 7 hingga 9 Agustus 2020, jalsah salānah internasional diadakan di Britania Raya (UK), Imam Jama‘ah Muslim Aḥmadiyyah Ḥaḍrat Khalīfatul-Masīḥ V Mirza Masroor Ahmad atba. menyampaikan ceramahnya yang penuh inspirasi pada dua paruh waktu terpisah. Beliau menceritakan berkah serta kemajuan yang berkelanjutan dari Jama‘ah Muslim Aḥmadiyyah selama setahun terakhir.

Pada hari Jumat, 7 Agustus 2020, Ḥuḍūr atba. menyampaikan bagian pertama dari laporan tahunan tersebut di Khoṭbah Jum‘at mingguan beliau dari Masjid Mubarak Islāmabad, Tilford, UK. Bagian kedua disampaikan sebagai ceramah khusus Jalsah Salanah dari Hall Masroor di kompleks Islāmabad. Kedua pidato tersebut disampaikan di depan para Muslim Ahmadi yang duduk berbaris sambil jaga jarak sesuai dan memakai protokol kesehatan.

Selain itu, selama tiga hari saat penyelenggaraan Jalsah Salana UK 2020, MTA International menyiarkan rangkaian pidato Jalsah Salanah yang dibawakan oleh Ḥuḍūr atba. pada tahun-tahun sebelumnya, serta beberapa program khusus baru.

Saat mempresentasikan Laporan Tahunan Jama‘ah Muslim Aḥmadiyyah seluruh dunia, Ḥuḍūr atba. mengumumkan bahwa terlepas dari tantangan besar dan tak terduga yang ditimbulkan dalam menyebarkan da‘wah Islām akibat Covid-19, total 112.179 orang telah bai‘at dengan Jama‘ah Muslim Aḥmadiyyah selama setahun terakhir. Ḥuḍūr atba. juga menyajikan kisah-kisah yang menggugah keimanan dari orang-orang yang telah bai‘at setelah menyaksikan tanda-tanda Allāh swt., bersaksi tentang kebenaran Ḥaḍrat Masīḥ Mau‘ūd a.s..

Menceritakan kisah bagaimana seorang perempuan bergabung dengan Jama‘ah Muslim Aḥmadiyyah di Argentina, Ḥuḍūr atba. bersabda,

“Seorang perempuan Argentina melewati rumah misi kita di Argentina dimana beliau melihat foto Ḥaḍrat Masīḥ Mau‘ūd a.s. dengan kutipan di sebelahnya yang menyatakan bahwa ‘Almasīḥ telah datang.’ Gambar dan kutipan ini berdampak besar padanya karena beliau adalah seorang Katholik yang taat. Sebelumnya beliau tidak tertarik pada Islām dan beliau juga tidak mengenal orang-orang Islām secara pribadi.”

Ḥuḍūr atba. melanjutkan, “Beliau mulai belajar tentang Islām dan menghubungi muballigh setempat Jama‘ah Muslim Aḥmadiyyah. Selanjutnya, beliau mulai menghadiri kelas dan pertemuan yang diselenggarakan oleh Jama‘ah kita. Suaminya mengetahui hal ini dan tidak menyetujuinya. Namun, meskipun demikian, beliau diam-diam tetap kontak dan melanjutkan studinya tentang Islām. Setahun kemudian, pada 28 Desember 2019, hati beliau terpuaskan dan beliau memutuskan untuk bai‘at dengan Jama‘ah Muslim Aḥmadiyyah.”

Dalam pidatonya, Ḥuḍūr atba. juga berbicara tentang pekerjaan Anjuman Tahrik Jadid Jama‘ah Muslim Aḥmadiyyah, serta output-output melalui situs resmi internet kita seperti alislām.org dan media-media berkala antara lain seperti Alfazl, Alhakam, Attaqwa, dan The Review Religions.

Menyinggung tentang majalah The Review of Religions, Ḥuḍūr atba. bersabda, “Ḥaḍrat Masīḥ Mau‘ūd a.s. sendirilah mendirikan The Review of Religions, dan edisi pertamanya diterbitkan pada Januari 1902. Dengan rahmat Allāh swt., majalah ini telah berjalan selama 118 tahun. Itu dicetak dalam bahasa Inggris, Perancis, Spanyol, dan Jerman, disertai dengan situs web dan saluran-saluran media sosial untuk setiap bahasa. The Review of Religions telah memainkan peran yang sangat penting dalam menyampaikan da‘wah Ḥaḍrat Masīḥ Mau‘ūd a.s. kepada para jama‘ah yang berbahasa Inggris. ”

Ḥuḍūr atba. juga berbicara tentang pengkhidmatan kemanusiaan yang dilakukan di seluruh dunia oleh Humanity First (HF) dan Asosiasi para Arsitek dan Insinyur Ahmadi Internasional (IAAAE). Beliau bersabda, selama setahun terakhir, IAAAE telah memasang 2.800 unit pompa air yang bermanfaat bagi 250.000 orang. IAAAE juga telah mendirikan 19 proyek desa percontohan di sembilan negara dan mengerjakan berbagai proyek kemanusiaan lainnya.



Berbicara tentang HF, Ḥuḍūr atba. bersabda bahwa badan kemanusiaan tersebut sekarang terdaftar di 54 negara dan di antara upaya kemanusiaannya telah dirancang untuk 15.315 operasi mata gratis. Selain itu, 345 kamp medis telah membantu lebih dari 230.000 orang yang rentan dan kurang mampu.

Ḥuḍūr atba. juga berbicara tentang stasiun televisi global Jama‘ah Muslim Aḥmadiyyah, MTA, dan bagaimana hal itu terus berkembang dan memperluas jangkauannya. Beliau menyatakan bahwa MTA telah meningkatkan jumlah salurannya dari lima menjadi delapan dalam setahun terakhir dan sekarang secara teratur menerjemahkan siarannya ke dalam sepuluh bahasa dan melanjutkan upayanya untuk menyebarkan ajaran Islām yang hakiki dan damai secara online dan melalui media sosial.

Ḥuḍūr atba. mengakhiri dengan merefleksikan kemajuan Jama‘ah Muslim Aḥmadiyyah dan bagaimana Jama‘ah Aḥmadiyyah terus didukung oleh Allāh swt. meskipun tuduhan-tuduhan palsu yang sering dilontarkan terhadap sang Pendirinya.

Ḥuḍūr atba. bersabda, “Hari ini, bahkan setelah 130 tahun, kita menyaksikan bahwa tanda-tanda dukungan dari Allāh swt. untuk Jama‘ah Ḥaḍrat Masīḥ Mau‘ūd a.s. terus terwujud.”

Mengutip Ḥaḍrat Masīḥ Mau‘ūd a.s., Ḥuḍūr atba. bersabda, “Ketahuilah dengan pasti bahwa Jama‘ah ini merupakan tanaman yang didirikan oleh Tuhan, Dia tidak akan membiarkannya binasa, juga tidak akan puas sampai Dia membuatnya mencapai kesuksesan tertinggi.”

Mengakhiri dengan kutipan Ḥaḍrat Masīḥ Mau‘ūd a.s., Ḥuḍūr atba. bersabda, “Allāh sendiri memanifestasikan kehormatan mereka yang diutus oleh Allāh dan menerangi kebenaran mereka. Mereka yang bukan dari Allāh dan memanipulasikan terhadap-Nya, pada akhirnya akan dihinakan dan dihancurkan.”

Ḥuḍūr atba. menutup pidato khusus pada Jalsah Salanah 2020 dengan doa hening.[] SELESAI









FAKTA-FAKTA & Angka-angka Utama dari Laporan Tahunan Jama‘ah Muslim Aḥmadiyyah 2019—2020: 

※ 112.179 orang bai‘at kedalam Jama‘ah Muslim Aḥmadiyyah dari 98 negara;

※ 22,7 juta orang disampaikan da‘wah Islām melalui 9,3 juta selebaran;

※ 217 Masjid baru dan 97 rumahmisi-rumahmisi Jama‘ah Muslim Aḥmadiyyah didirikan di empat benua.

※ Lebih dari 360.000 buku dicetak dari Percetakan Jama‘ah Muslim Aḥmadiyyah di UK (Raqeem Press)

※ 5,2 juta dollar dihemat melalui pekerjaan sukarela (gotong royong atau wiqari amal) dalam 41.000 sesi kerja di 114 negara.

※ 288 Cabang baru Jama‘ah Muslim Aḥmadiyyah didirikan.

※ 42 juta publikasi diproduksi dalam 42 bahasa di 93 negara.

※ 520 juta orang terjangkau melalui Laporan-laporan berita dan media di 2.544 outlet didalam 12.453 artikel.

※ 310 buku-buku Bahasa Inggris dan 1.000 Bahasa Urdu tersedia di situs web Jama‘ah Muslim Aḥmadiyyah alislām.org.

※ Ada 145 terbitan-terbitan dari Bahasa Arab yang baru.

※ 230.000 orang dirawat di 345 tenda-tenda medis HF—gratis.

※ HF didirikan di 54 negara.

※ 496 pekerja ada di MTA Internasional, termasuk 417 relawan yang tidak dibayar.

※ Sekarang MTA disiarkan melalui 8 saluran secara global.

※ 7540 pameran diadakan di seluruh dunia, di mana 343.000 orang menerima pesan sejati Islām.

※ Lebih dari 5000 stan buku dan pameran buku diadakan di seluruh dunia dimana 774.000 orang menerima da‘wah Islām yang sebenarnya.


Link rekaman video Bahasa Indonesia: Youtube https://youtu.be/Dld72Iz0Tyo (7 Agustus 2020); https://youtu.be/qbRuroos07M (9 Agustus 2020).