LAUNCHING Buku GUS MIZ...

…BERJUDUL “Alquran Kitab Toleransi: Inklusivisme, Pluralisme dan Multikulutrisme” merupakan bentuk tanggung jawab moral dalam menghadirkan agama sebagai inspirasi bagi terwujudnya toleransi, baik dalam intra-agama maupun antar-agama. GUS MIZ atau ZUHARI MISRAWI SAHIB melihat, di tengah kuatnya arus intoleransidan tindakan yang mengatasnamakan agama, maka perlu reaktualisasi wawasan keagamaan yang secara substanstif mendorong toleransi.


Dalam press release-nya di Aula Universitas Paramadina Jakarta, Jumat (28/3) malam, GUS MIZ, mengutip UNESCO, menekankan antara lain bahwa toleransi merupakan sikap saling menghargai dan saling menerima di tengah keragaman budaya, kebebasan berekspresi dan karakter manusia. Memang, ada sejumlah penafsiran ayat dengan nuansa kekerasan. Namun, harus diakui bahwa ayat-ayat tersebut terkait dengan konteks masyarakat Arab pada zaman itu sehingga perlu tafsir kontemporer dan reinterpretasi konteks yang kekinian.

Peluncuran buku dihadiri pimpinan Wahid Institute Jakarta, para nahdiyyin, warga Jemaah Islam serta Yayasan Paramadina dan warga Ahmadi dari tingkat struktural dan kultural di Jakarta-dan sekitarnya, termasuk dari Kebayoran. (Αλι)