Ngajar di [pra]Madrasah Mesjid Al-Hidayah Kebayoran Lama Selatan





Semester ini, sejak Juli Agustus akhir lalu, gw dikukuhkan sbg pengajar di [pra]-madrasah mesjid Al-Hidayah Kebayoran Lama Selatan. Gw ngajar Kelas A dan B utk Pelajaran Alquran dan Keahmadiyahan. Kelas A terdiri dari anak2 Ahmadi umur 6-10, sedangkan Kelas B 11-15 tahun.

Sbenarnya, Pengajar di madrasah cuma dua orang, Mln Idris dan gw sendiri. Masya Allah, ternyata berdua ya! baru nyadar waktu itu. Tp, emang pelajaran cuma itu aja.

*sambil-berulang-kali-ngecek-download-khotbah-idul-fitri-di-kotak*

Nah, Ahad tadi pagi itu adalah kegiatan belajar & mengajar (KBM) yg mulai aktif lagi setelah libur selama Ramadan dan Idul Fitri. Gw ngajar Sejarah & Alquran di Kelas B. Yang hadir 3 orang. 'Dikit yah? Tp nggak papa. Yg penting, toh, slama mereka datang dg penuh kecintaan ke mesjid, gw udah senang banget.

Pelajaran gw mulai jam 10 -teng. Sperti biasa, gw mulai dg ucapan, "Well, sbelum dimulai, ada yg mo nanya apa nih?" He he... ini yg disenengin anak2. Mereka ngoceh, brebutan nanya, dan ...curhat. Hihi... dasar anak2!

Ada yg nanya, Umar namanya, umur 11 tahun-jalan, "Kenapa ya Kak, manusia itu memiliki hawa nafsu dan emosional?" *gubrak* Ditanya kayak gitu, surprise juga. Tp, sbgmn dia bertanya dg enteng, maka gw enteng aja jawabny begini: Itu artinya kita adalah manusia. Klo, kita nggal punya emosional dan hawa nafsu, dik Umar gak bisa makan enak, gak bisa mencintai seseorang, dan menyenangi sesuatu, ...bla-bla-bla. Dari jawaban seperti itu, Umar hanya mangggut2.

Si Ahmad "Deni" Maulana bukan nanya. Dia malah curhat. Dia bilang, betapa susahnya nyari 1001 alasan ke guru petugas di SMP 177 agar bisa terus Salat Jumat-an ke mesjid Ahmadiyah tiap minggu. Hehe... Gw bilang, berdoa aja, smoga Allah selalu memberi kamu petunjuk. Yg penting, gw nekenin, "Jangan sekali-kali berbohong!"

"Lha-klo boongnya demi kebaikan gimana?" cetus si "Thyo" Sadiq Ahmad Aditya.

"TETEP kagak boleh!" tegas gw ke mereka. Huahaha... Dasar anak2

*sembari-mengenang-masa-kecil-yg -gak-jauh-beda-ama-mereka*

:~) *terharu*