Mengatasi Rasa Malas; Kompas (20/5); Klasika; halaman 37; Ragam

Dari: Kompas;  20 Mei 2012; halaman 37; “Klasika”, Ragam, Malas
Gambar diambil dari sini: misteryoso.com.

--
PENYEBAB malas bekerja bisa beragam, mulai dari kondisi badan yang tidak fit hingga sedang ada masalah yang sifatnya pribadi. Terlepas dari apa pun alasannya, hal tersebut tentu mengganggu dan bisa membuat pekerjaan menjadi semakin menumpuk.

Lantas, bagaimana mengatasinya? Baca tips berikut.
  1. Bagi tugas yang sedang dihadapi menjadi bagian-bagian kecil. Misalnya, ketika diberi tugas untuk mengerjakan laporan, Anda bisa membagi pekerjaan itu dalam beberapa tahapan. Cara ini diharapkan akan membuat pekerjaan terlihat lebih sederhana dan ringan.
    Berikutnya adalah membuat skala prioritas pekerjaan yang akan dikerjakan terlebih dahulu ketika Anda sudah tiba di kantor.
  2. Beri penghargaan kepada diri sendiri atas setiap tahapan tugas yang telah selesai dikerjakan agar memberikan “energi” yang positif dalam diri, yang akan sangat membantu menjaga semangat kerja.
  3. Beri waktu bagi diri Anda sendiri untuk sekedar relaks. Bila perlu, ajaklah teman dekat yang bisa dipercaya untuk berbagi, barangkali ia bisa memberi masukan yang baik.
  4. Rutinitas dapat menjadi biang keladi kemalasan. Oleh karen itu, menjalankan hobi atau kegiatan-kegiatan lain di luar rutinitas bisa dilakukan. Kegiatan tersebut misalnya menonton film atau pergi bersama teman lam. Akan tetapi, pastikan jangan sampai aktivitas itu malah menguras tenaga dan membuat Anda lebih malas untuk kembali bekerja.
  5. Terakhir, Anda bisa pergi berlibur bersama keluarga atau orang dekat ke tempat-tempat yang belum pernah dikunjungi. [ASP]

0 komentar:



السّلام عليكم و-ه [AsslmlKm w.w.]. Selamat datang di blog saya yang sederhana ini, dan terima kasih atas kunjungan, serta isian komentar-komentar maupun “Like This” Anda. جـــزاكم الله أحـــسن الجـــزآء [JzKml-Lh ahsnl-jz].[] ^_^

Jakarta, 1 Desember 2010

Rahmat Ali

Create Your Badge