[Ringkasan Summary Khotbah Jumat 13 April 2012] Friday Sermon: Patience, Steadfastness, Astaghfar and Darood (Bahasa Indonesia)

Sambil menunggu terjemahan lengkapnya, kutipan berikut ini saya ambil dari link summary di: http://www.alislam.org/friday-sermon/2012-04-13.html#summary-tab.

--
KHOTBAH Jumat Hudhur Aqdas atba. minggu ini bertema tentang kesabaran dan keteguhan dari para Sahabat Hadhrat Masih Mau'ud a.s..

Ayat Alquran yang Hudhur atba. kutip dalam edisi khotbah kali ini adalah pada QS At-Taubah ayat yang ke-113.

Hadhrat Masih Mau'ud a.s. bersabda bahwa tanpa adanya keteguhan, baiat itu tidaklah lengkap. Ketika seseorang melangkah menuju Allah, ia bertemu dengan banyak kesengsaraan di sepanjang jalan dan ia tidak dapat mencapai tujuannya tanpa menyelesaikannya. Beliau pun mengatakan bahwa keteguhan hati tidak dapat diukur pada saat-saat yang baik, karena semua orang bahagia dan akrab di waktu-waktu yang sesuai dengan keadaan hati. Orang yang berpendirian teguh adalah orang yang bersabar di dalam tiap kesusahan. Hadhrat Masih Mau'ud a.s. menyebut selawat sebagai sarana terbaik mencapai keteguhan hati. Beliau a.s. menyarankan bahwa seseorang mengamalkan dan menghayatinya. Tidak sekadar ritual saja mengamalkan selawat ini, namun menghayatinya dengan menyadari keindahan dan kelezatan serta kebaikan-kebaikan dari wujud suci Hadhrat Rasulullah saw. di dalam hati. Pengamalan selawat ini memperkuat daya keterkabulan doa. Di samping itu Hadhrat Masih Mau'ud a.s. menganjurkan agar  kita memperkuat amalan istighfar untuk keteguhan hati.

Beberapa nama sahabi Hadhrat Masih Mau'ud a.s. yang memiliki keteguhan hati di dalam baiatnya kepada jemaat Ilahi ini, adalah sebagai berikut:

Hadhrat Nur Muhammad r.a., Hadhrat Jan Muhammad r.a., Hadhrat Abdullah r.a., Hadhrat Khair-ud-Din, Hadhrat Qadhi Muhammad Yusuf r.a., Hadhrat Mia Nizam-ud-Din r.a., Hadhrat Ghulam Muhammad r.a., Hadhrat Hafiz Ghulam Rasool Wazirabadi r.a., Hadhrat Syekh Abdul Wahab r.a., Hadhrat Zahoor-ud-Din r.a., Hadhrat Ghulam Ahmad Ara'in r.a., Hadhrat Hafiz Nabi Bakhsh r.a., Hadhrat Dr Muhammad Tufail Jan r.a., Hadhrat Hafiz Mubarak Ahmad r.a., Hadhrat Imam Munshi-ud-Din r.a., Hadhrat Khalifa Nur-ud-Din r.a., Hadhrat Muhammad Nazir Farooqi r.a., dan Hadhrat Syeikh Zain ul Abi'deen r.a..

Ohya, di tengah-tengah pemaparan riwayat singkat para sahabi Hadhrat Masih Mau'ud a.s., Hudhur atba. menyinggung keputusan Pengadilan Tinggi Lahore yang mengeluarkan resolusi bahwa produk minuman Shezan adalah haram untuk dikonsumsi karena produk itu milik jemaah Ahmadiyah.

Menjelang akhir khotbah, Hudhur atba. berdoa, semoga Allah swt. mengangkat status para Awwalin kita tersebut dan semoga Allah swt. menularkan semangat kesabaran dan keteguhan tersebut di dalam hati para keturunan mereka, keturunan jasmaninya maupun keturunan rohaninya, agar tetap mengikatkan diri terhadap jemaah Ahmadiyah ini dan khilafatnya. Aamiin.

Kemudian, Hudhur atba. mengumumkan bahwa usai shalat jumat, beliau akan mengimami shalat jenazah gaib untuk dua orang Ahmadi yang wafat, Almarhumah Amatul Hafeez Khanum dan Almarhum Syed Muhammad Ahmad.

Almarhumah Amatul Hafeez Khanum wafat pada tanggal 8 April pada usia yang ke-81. Dia baru saja tiba di London. Sebelum datang ke London, ia pernah menjabat Sadr Lajnah Imaillah Jemaat Quetta untuk waktu yang sangat panjang dan juga pernah menjabat di Lahore. Ia sangat tertarik pada tabligh dan ingin sedikit belajar Bahasa Inggris sehingga ia bisa melakukan tabligh di sini. Ia seorang Ahmadi salehah, membumi, dan menaruh simpati yang dalam kepada orang-orang yang kurang beruntung. Ikatan hatinya terhadap Khilafat luar biasa. Ia seorang Musiah. Ikatan hatinya terhadap Jemaat dan Khilafat adalah suri teladan bagi kita semua. Dengan kasih dan karunia Allah swt., anak-anaknya pun dekat kepada Jemaat. Semoga Allah swt. melanggengkan karunia ini dari generasi ke generasi sehingga membawa kedamaian bagi jiwa Almarhumah. Aamiin.

Almarhum Syed Muhammad Ahmad adalah putra dari seorang Sahabi Hadhrat Masih Mau'ud a.s.. Almarhum pernah menjabat sebagai sadr di Jemaat Lahore. Ia pernah mengkoordinir pembangunan sebuah kompleks wisma di "Defence area of Lahore". Semoga Allah swt. menjaga para keturunannya untuk tetap dekat kepada Jemaat.  Aamiin.[]

1 komentar:



السّلام عليكم و-ه [AsslmlKm w.w.]. Selamat datang di blog saya yang sederhana ini, dan terima kasih atas kunjungan, serta isian komentar-komentar maupun “Like This” Anda. جـــزاكم الله أحـــسن الجـــزآء [JzKml-Lh ahsnl-jz].[] ^_^

Jakarta, 1 Desember 2010

Rahmat Ali

Create Your Badge