hari ibu

"@redrina7: Hari ini adalah kemenangan utk para ibu, namun menurutku setiap hari ibu sudah menjadi juara utk anak"nya. #HappyMotherDay"

Waktu mama kami sakit, saya merasakan suatu pemahaman tentang kebaikan seorang ibu.

Kala itu mama sedang sakit stroke ringan.

Sakit stroke mama membawakan dia pada suatu kondisi hilang kesadaran dan lupa diri.

Mama yang sedang saki-sakitnya itu kadang meracau, kadang seperti anak kecil.

Disertai kondisinya yang semakin lemah, mama seperti mengigau, sambil menyebutkan satu per satu nama-nama orang yang sudah pada wafat.

Kami, saya dan adik-adik, bingung melihat keadaan mama yang sedemikian rupa itu.

Ketika itu saya, pura-pura semangat, bilang ke adik-adik, sekarang ini, kita berempat sedang merawat mama sebagaimana mama pernah merawat kita berempat.

Saya katakan kepada adik-adik, kita sadar bahwa upaya kita merawat mama itu tidaklah sebanding dengan kebaikan-kebaikan yang sudah mama kerjakan terhadap kita.

Waktu itu, saya jadi paham, betapa suatu kebaikan enggaklah akan bisa dibalas dengan berapapun kebaikan.

Apalagi kebaikan dari seorang ibu.

Harapannya, ya paling tidak, semoga kebaikan mendatangkan banyak kebaikan yang lebih baik lagi.

Kita lahir dan bahkan dilahirkan dari kebaikan-kebaikan sebelumnya yang tiada berujung.

Tak ada yang lebih baik dari kebaikan itu sendiri.

Ah, saya jadi kangen mama. Saya bersyukur, mama masih diberikan usia yang sehat.

Apalagi, mama sedang menanti cucu dari calon baby kami.

Dan, melihat Reni, untuk sekarang, bertambahlah pemahaman saya, betapa besar pengorbanan seorang perempuan itu.

Di usianya yang masih belum genap 20 tahun, ia berkeputusan menerima lamaran saya untuk menjadi isteri saya.

Masa-masa kehamilan di usianya yang jalan tiga bulan ini, Reni mulai bisa menyentuh makanan nasi meski baru nasi goreng, nasi uduk, dan lontong. Tidak dengan nasi "polos".

Suka duka sedang kami jalani. Moga-moga lebih banyak sukanya yang dirasakan.

Membayangkan mama kami, Reni, adik-adik perempuan saya, dan para mama juga para perempuan di seluruh dunia, saya ucapkan, “Selamat Hari Ibu.”