Google Rayakan 40 Tahun Sesame Street

Lupa nih tadi: "Mau posting apa yah?" Hehe... Pas dipikir-pikir lagi, ternyata, "Oh iya...!"

Begini, ada hal yang berbeda hari ini kalo lagi ngakses Google, kebetulan di PC saya pake Flock sekarang, bukan Firefox, Opera, dan Chrome. Kangen dah lama nggak make Flock.

Nah, pagi tadi, waktu ngakses Google dengan alamat URL google.com, tampil gambar kayak berikut ini:

sesame street
Waktu akses: '9:15 AM 11/5/2009 WIB'

Tapi, begitu melangkah dan mengklik iGoogle, gambarnya kayak gini:

google di flock
Waktu akses: "9:34 AM 11/5/2009" WIB

Ternyata, settingan 'gambar poppi'-nya nggak mereka rubah. Hehehe...

Google nampaknya ingin memberi penghormatan terhadap program Sesame Street yang kini genap berusia 40 tahun.

Omong-omong mengenai Sesame Street atau bahasa "Trans7"-nya adalah Jalan Sesama, menurut Wikipedia, «lihat 'http://id.wikipedia.org/wiki/Sesame_Street'; akses: '9:43 AM; 11/5/2009 WIB'», (dikutip oleh Gus Sholeh dalam Ekspresi Hati «http://ekspresihati.blogspot.com/2009/11/40-tahun-sesame-street.html»; akses: '9:46 AM 11/5/2009 WIB'), adalah sebuah acara pendidikan anak-anak yang berasal dari Amerika Serikat untuk anak-anak pra-sekolah dan merupakan perintis standar televisi edukasi kontemporer yang menggabungkan pendidikan dan hiburan (edutainment). Sesame Street terkenal dengan karakter-karakter Muppet, yang dibuat oleh Jim Henson, seorang pemain boneka (puppet). Terdapat lebih dari 4.134 episode yang telah diproduksi selama 37 musim. Musim pertama penayangannya berjumlah 130 episode, tapi musim ke-36 hanya sebanyak 25 episode. Dengan jumlah episode sebanyak itu, Sesame Street merupakan salah satu serial acara televisi yang paling lama tayang sepanjang sejarah pertelevisian.

Sesame Street diproduksi di Amerika Serikat oleh sebuah organisasi non-profit Sesame Workshop, sebelumnya bernama Children's Television Workshop (CTW), yang didirikan oleh Joan Ganz Cooney dan Ralph Rogers. Tayangan perdana acara ini disiarkan pada 10 November 1969, di saluran National Educational Television, dan kemudian dipindahkan ke Public Broadcasting Service.

Karena acara ini memberikan pengaruh yang sangat positif, Sesame Street menjadi salah satu tayangan pendidikan yang paling dihormati di dunia. Tidak ada serial televisi lain yang mampu menandingi kesuksesan dan pengakuan internasionalnya. Serial originalnya sudah ditayangkan di 120 negara, dan lebih dari 30 versi internasional yang sudah diproduksi. Di Indonesia, Sesame Street pernah ditayangkan oleh stasiun televisi dengan judul "Jalan Sesama" pada awal dekade 1974 sampai 1990 dan di RCTI dan SCTV pada awal dekade 1990-an. Selain itu, juga telah dibuat Sesame Street versi Indonesia yang dinamai "Jalan Sesama" versi remake. Acara tersebut ditayangkan di Trans7 mulai 18 Februari 2008.

Serial-serial ini telah memperoleh 109 Emmy Awards, lebih banyak daripada serial televisi lainnya. Sekitar 75 juta orang Amerika pernah menyaksikan serial ini ketika mereka masih anak-anak, jutaan lainnya juga telah menonton serial ini, termasuk orang tuanya. Bagaimana dengan yang di Indonesia berpengaruh banyakkah dengan para penonton kita tayangan film ini.

episode pertama Sesame Street telah menggunakan unsur-unsur yang berbeda dari televisi komersial. gaya visual yang kuat, bergerak cepat tindakan, humor, dan musik. Mereka juga menggunakan rekaman video bintik-bintik, boneka, animasi, live action, dan musik. Cooney adalah orang pertama yang menyarankan bahwa mereka menggunakan mengajar iklan, atau beberapa dua belas sampai sembilan puluh detik, celana pendek, dan pengulangan dari beberapa konsep kunci di seluruh episode.[]

Baca juga-deh di "Haxims Suka-suka dong" dalam «http://haxims.blogspot.com/2009/11/40-tahun-sesame-street.html»; akses: '9:51 AM 11/5/2009 WIB'




0 komentar:



السّلام عليكم و-ه [AsslmlKm w.w.]. Selamat datang di blog saya yang sederhana ini, dan terima kasih atas kunjungan, serta isian komentar-komentar maupun “Like This” Anda. جـــزاكم الله أحـــسن الجـــزآء [JzKml-Lh ahsnl-jz].[] ^_^

Jakarta, 1 Desember 2010

Rahmat Ali

Create Your Badge